Bank BRI Beri Syarat kepada Nasabah untuk Dapat Bantuan Kredit Rp 2, 4 Juta dari Jokowi

Bank BRI Beri Syarat kepada Nasabah untuk Dapat Bantuan Kredit Rp 2, 4 Juta dari Jokowi

Laporan Wartawan Tribunnews. com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA —   PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) memberi syarat kepada nasabah perdana untuk bisa mendapat bantuan nilai senilai Rp 2, 4 juta untuk pemulihan ekonomi saat pandemi corona atau Covid-19.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengatakan, perusahaan mempunyai 2 skema, pertama yakni melalui Banpres atau bantuan sosial presiden.

“Banpres produktif untuk usaha mikro dari dana pemerintah masing-masing terima Rp 2, 4 juta, ” ujarnya saat konferensi pers virtual, Rabu (19/8/2020).

Sunarso merincikan ada empat syarat pra Bank BRI siap menyalurkan pengaruh tersebut kepada nasabah yakni harus ada dulu uang Banpresnya, datanya benar, sistem penyaluran akuntabel, serta melalui komunikasi baik dan benar.

“Syarat nya dimanfaatkan untuk usaha, bagaimana cara menyalurkannya? Siapa yang dapat? Harus 4 hal terpenuhi, kami ajukan kalau duitnya (Banpres) sudah ada, kami salurkan duluan, ” katanya.

Sementara, perusahaan mengklaim sudah memiliki kesiapan terkait tiga persyaratan sisanya dengan menggunakan data nasabah penabung Simpedes kurang dari Rp 2 juta.

Kemudian, adalah nasabah penabung dibawah Rp 2 juta dan tidak padahal menerima kredit dan Bank BRI hanya penyalur saja.

“Tidak dibukukan sebagai kredit, tukar buku saja dari bank ke nasabah. Kita sudah verifikasi tersedia 1, 1 juta nasabah, awak punya datanya kalau diterima, ” kata Sunarso.

Adapun dari sisi komunikasi, perusahaan akan mengkoordinasikan kepada petugas Bank BRI di cabang-cabang kantor unit mikro dengan saldo nasabah kurang lantaran Rp 2 juta.

Petugas tersebut nantinya mengkomunikasikan ke nasabah bahwa ada bantuan lantaran pemerintah senilai Rp 2, 4 juta untuk usaha.

“Silakan tandatangan form-nya, dibantu Bank BRI. Kemudian dicairkan, secara akuntabel bisa kita lakukan, ” pungkas Sunarso.

Sementara, skema kedua bantuan kredit ke konsumen baru yakni melalui perluasan Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi KUR Super Mikro, maksimal pinjaman Rp 10 juta dengan bunga lestari 19 persen.

Semrawut dari bunga 19 persen itu, masih dipotong premi penjaminan sejumlah 2 persen, jadi sisanya Bank BRI mendapat 17 persen dan kalau ada kredit bermasalah telah dijamin pemerintah.