Dorong Masyarakat Antusias Beralih ke TV Digital, Kominfo: Harga STB Sangat Terjangkau

ilustrasi-tv-digital

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika terus mendorong masyarakat untuk segera beralih dari menggunakan televisi analog ke tv digital.

Untuk itu, Kominfo meminta masyarakat untuk menjadikan migrasi siaran televisi dari analog ke digital bukan sebagai beban.

Sebab, masyarakat hanya membutuhkan perangkat set top box (STB) untuk beralih ke siaran digital dan harganya terbilang sangat terjangkau.

“Masyarakat jangan khawatir pindah ke TV digital. I

ni keuntungan bagi masyarakat, jangan dibuat seolah-olah menjadi suatu beban. Jangan dikesabkan ‘saya harus beli TV baru’, tidak perlu karena cukup dengan satu stb sudah bisa digunakan seumur hidup,” ujar Direktur Penyiaran, Direktorat Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kemkominfo Geryantika Kurnia, dalam diskusi virtual, Rabu (23/62021).

Geryantika mengungkapkan dalam proses migrasi siaran TV dari analog ke digital diperlukan minat dan niat yang kuat dari masyarakat. Proses ini sebenarnya tidak membebankan masyarakat karena tak perlu membeli perangkat televisi baru.

Baca juga: Dorong Pertumbuhan SDM di Bidang Teknologi Digital, Tokopedia Academy akan Menggelar START Summit

Selain itu menurutnya akan banyak keuntungan yang diperoleh masyarakat. Cukup membeli perangkat stb yang dijual sekitar harga Rp150.000, masyarakat sudah bisa menyaksikan tayangan dengan kualitas suara dan gambar yang lebih jernih dalam jangka waktu lama.

“Coba bayangkan satu keluarga bisa melihat TV dengan siaran bersih, jernih, canggih itu hanya Rp150.000 dan selama set top boxnya bagus, ya itu buat keluarga dan kegunaannya dalam jangka waktu yang panjang” ujar Geryantika.

Bandingkan dengan pengeluaran pulsa