Informasi Gembira, THR ASN Senilai Rp 6, 77 Triliun Cair 15 Mei 2020

Informasi Gembira, THR ASN Senilai Rp 6, 77 Triliun Cair 15 Mei 2020

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA kacau Peraturan Pemerintah (PP) mengenai Tumpuan Hari Raya (THR) bagi aparatur sipil negara (ASN) sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo. Jika tak ada halang merintang THR ASN akan cair pada Jumat (15/5/2020) mendatang.

Kementerian Keuangan sekarang juga sedang melakukan ancang-ancang dengan seluruh satuan kerja buat eksekusi pembayaran THR.

“Ini kita harapkan akan bisa dilakukan serentak paling lambat merupakan pada hari Jumat ini yakni tanggal 15, ” ujar Gajah Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Senin (10/5/2020).

Sri Mulyani merincikan jumlah untuk THR ASN terdiri dari ASN pusat & TNI-Polri sebesar Rp 6, 77 triliun, serta untuk pensiunan Rp 8, 70 triliun.

“Sementara, untuk ASN daerah diperkirakan jumlah alokasinya adalah Rp 13, 89 triliun, ” katanya.

Bendahara negara menjelaskan bahwa THR ini hanya diberikan pada seluruh ASN, TNI-Polri, hakim, & hakim agung yang setara secara jabatan di bawah eselon II.

“Jadi, artinya pejabat eselon I dan II ataupun jabatan fungsional yang setara dengan eselon I dan II mengikuti para pejabat negara tidak memperoleh THR, ” ujarnya.

Total dari Tunjangan Hari Besar (THR) untuk ASN yang hendak dicairkan pada hari Jumat adalah sekira Rp 29, 38 triliun.

Pemerintah, sedang terus melakukan kajian terhadap berbagai langkah-langkah untuk tetap memfokuskan pada pengerjaan pandemi corona atau Covid-19.

“Penanganan yaitu mulai sejak penyebaran dan kemudian mencegah target jiwa. Namun, disisi lain studi berbagai kemungkinan agar dampak kepada sosial ekonomi itu bisa dikurangi juga, ” ujar Sri Mulyani.