Memahami Teknologi Ban Michelin, Sang Pemasok Tunggal untuk Balapan MotoGP 2021

ban-michelin-di-motogp

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Produsen ban asal Prancis, MIchelin, kembali dipecaya sebagai distributor tunggal ban untuk balapan motor MotoGP 2021 dengan sudah dimulai sejak Maret lalu.

Posisi pemasok tunggal ban buat MotoGP dipegang MIchelin sejak 2016.

Pada setiap tahun selama musim pagelaran MotoGP, produsen ban ini memperbarui rangkaian ban yang digunakan oleh para pembalap berlaga di lintasan.

Tahun ini tersedia dua seri ban dengan diusung, yakni Michelin Power Slick yang merupakan tipe ban balap tanpa kembangan dan Michelin Power Rain, ban balap spesialis tanda basah.

Berbekal pengalaman pada 2020 berantakan dan mengacu pada regulasi balapan musim 2021 tersebut, Michelinmemperkenalkan rangkaian ban buat sesi balap yang lebih beragam.

Total ada lima tipe ban Michelin yang digunakan di dalam MotoGP musim 2021 ini yaitu Michelin Power Slick dengan karakter komponen soft, medium, dan hard; beserta Michelin Power Rain secara karakter soft dan jalan.

Baca juga: Terinspirasi dari Formula E, Michelin Ciptakan Ban untuk Kendaraan Listrik

Presiden Penasihat Michelin Indonesia Steven Vette menjelaskan Michelin memiliki awak khusus yang terlibat di gelaran Moto GP, yaitu tim Michelin Motorsport.

Tim motorsport ini berbasis di Clermont-Ferrand, Perancis.

Baca juga: Tujuh Tips Damai Berkendara Motor Selama Era Pandemi

Selama program uji pre-season, tim ini sukses mengambil target pengembangan ban dengan diinginkan dan hasil memuaskan.  

Lima varian ban yang dibuat ini lebih efisien serta tahan di segala suasana, sehingga lebih sesuai secara karakter motor pebalap dengan tetap memiliki cengkeraman suntuk.

Baca juga: Tips Mengemudi Mobil dengan Teknik Eco Driving untuk Maksimalkan Efisiensi Bahan Bakar