Menkes Terawan Ingatkan Protokol 3M Terus Dijalankan di Segala Aktivitas

Menkes Terawan Ingatkan Protokol 3M Terus Dijalankan di Segala Aktivitas

Laporan wartawan Tribunnews. com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA — Menter Kesehatan Terawan Agus Putranto mengingatkan, pentingnya penerapan protokol kesehatan yakni melalui penerapan masker, menjaga jarak dan kerap mencuci tangan, menjaga daya tahan tubuh dengan gizi seimbang, rutin olahraga, dan pengelolaan stres, di tengah pandemi Covid-19.

Masyarakat diharapkan tetap produktif tetapi tetap aman dari Covid-19. Oleh karena itu Adaptasi Kebiasaan Anyar dengan menerapkan protokol Kesehatan adalah hal yang tak bisa ditawar lagi.

“Kita berniat adaptasi kebiasaan baru dapat langsung diterapkan di masyarakat dalam seluruh aktivitas yang dilakukan agar tentu bisa produktif, namun tetap damai dari Covid-19, ” kata Menkes Terawan seperti dikutip dalam siaran pers Kementerian Kesehatan, Jumat (13/11/2020).

Membaca juga: Lima Hari Dirawat, Wakapolres Kutai Timur Meninggal Dunia akibat Covid-19 pada RSUD AW Syahranie

Ia melanjutkan pandemi Covid-19 ini memberikan  pelajaran penting terhadap kemandirian produk obat dan media kesehatan dalam negeri, untuk ketahanan nasional.

“Bersama pemangku kepentingan terkait, kita telah mampu mewujudkan bahan baku obat produksi dalam negeri, alat Kesehatan low medium technology produksi dalam kampung, yang kemudian dimanfaatkan dalam penanganan Covid-1, ”

“Oleh karenanya, momentum ini harus langgeng dijaga untuk kita tingkatkan untuk percepatan terwujudnya kemandirian obat dan alat kesehatan nasional, ” cakap jelas Mantan Kepala RSPAD itu.

Menyuarakan juga: Bagian Suami Istri Tersangka Kasus 141 Kg Ganja Positif Covid-19

Terawan menyebut kalau, pemerintah saat ini terus mencari jalan menangani pandemi Covid-19 dengan dukungan dan peran serta stakeholder mengikuti masyarakat.

Pemerintah selalu sedang menyiapkan pengadaan vaksin COVID-19 yang aman untuk dapat menganjurkan perlindungan kepada segenap masyarakat Nusantara di tengah pandemi ini, & tetap harus menerapkan protokol kesehatan tubuh sebagai kebiasaan baru.

“Berbagai upaya kesehatan terus dilakukan dalam bentuk prevent, detect, & response agar jumlah kasus meluncur, kesembuhan meningkat dan kematian bisa dicegah, ” ungkap Terawan.