Pandemi Covid-19 Tak Halangi Universitas Al Azhar Indonesia Bengkok Mahasiswa Baru, Ini Caranya

lulusan-al-azhar-mesir

Petunjuk Wartawan Tribunnews. com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Rektor Universitas Al Azhar Nusantara (UAI) Prof Dr Ir Asep Saefuddin MSc mengutarakan pandemi Covid-19 tak menegah pihaknya untuk melantik mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022.

Bahkan sebelum pelantikan, UAI sempat melayani kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

“Kegiatan PKKMB ini dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 13 hingga 16 September 2021 secara virtual menggunakan zoom meeting diikuti oleh 1. 000 mahasiswa Mahasiswa Regular, Blended learning Hukum, Akuntansi dan Manajemen, Alih Tinggi, Hybrid Learning Informatika dan Teknik Elektro, ” cakap Asep, dalam keterangannya, Senin (20/9/2021).

Baca juga: Sambut Mahasiswa Baru, STTA Gelar PKKMB dan BUKADIK Secara Daring

“Dengan mengusung tema ‘Gen Fast Berkolaborasi, Mengasah Potensi, Meraih Mimpi’ diharapkan mahasiswa terakhir dapat menanamkan sifat fatonah, amanah, siddiq, dan tabligh seperti panutan kita Nabi Muhammad SAW, ” imbuhnya.

Adapun kesibukan yang dilakukan selama PKKMB ialah berbagai materi terkait Universitas, Enterpreneur dimasa Pandemi, Motivasi Belajar, Basic Mentality, The Power of Istighfar, bahaya narkoba, dan asing sebagainya.

Baca juga: Gelar Pertemuan dengan Perwakilan Mahasiswa, Nadiem Makarim: Ayo Bikin Agenda Bareng

Namun puncak dari kesibukan PKKMB adalah pada 18 September 2021 ketika rektor melantik mahasiswa baru, melalaikan sidang terbuka senat universitas.

“Acara pengukuhan ini digelar secara daring melalui aplikasi zoom meeting dan live youtube, mengikuti luring yang dihadiri dengan terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat oleh Kongres Akademik Universitas, panitia PKKMB UAI, dan perwakilan mahasiswa baru dari masing-masing Agenda Studi, ” jelas Asep.

Tak hanya itu, hadir pula Motivator Nasional Leadership & Happiness, Arvan Pradiansyah, S. Sos., M. Sc. sebagai narasumber yang akan memberikan dorongan kepada mahasiswa baru beserta Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, SH, selaku Pembina YPI Al Azhar yang memberikan ucapan selamat kepada mahasiswa yang baru dilantik.

Membaca juga: Diskusi Overview Tribunnews, Bawa Poster Kena Ciduk: Hadirkan Faldo Maldini, Mahasiswa UNS, dan PBHI

Asep mengatakan UAI juga menggelar launching Sendi Kreatif Al-Azhar bertempat pada Bogor, sebagai wadah pengorbanan masyarakat pasca PKKMB UAI 2021 untuk memberikan pelatihan serta mengasah kreativitas kepada masyarakat yang terkena hasil pandemi Covid-19.

*Serta karya tulis esai dan puisi hasil susunan mahasiswa baru ntuk universitas yang disampaikan oleh Khansa Hanina sebagai peserta PKKMB terbaik T. A. 2021/2022 dari Program Studi Teknologi Pangan, ” katanya.

“Rangkaian kegiatan PKKMB ditutup dengan doa agar para mahasiswa baru kelak tidak hanya cakap dalam ilmu namun juga besar dalam berperilaku, ” tandasnya.