Pedoman dan Tata Cara Salat Istikharah: Berikut Bacaan Niat dan Ciri Beserta Artinya

TRIBUNNEWS. COM – Shalat Istikharah adalah shalat sunah yang dilaksanakan seseorang dalam rangka meminta petunjuk dari Allah ketika dihadapkan dengan pilihan.

Pilihan tersebut dapat berupa memilih mempertemukan, memilih pekerjaan, memilih tempat letak dan segala pilihan yang sulit.

Dalam Buku Pintar Panduan Lengkap Ibadah Muslimah karya Ust M. Syukron Maksum, dijelaskan kalau shalat Istikharah ini hukumnya sunnah.

Dilaksanakan ketika berkorban seorang hamba dihinggapi rasa ragu dalam memilih satu dari kira-kira hal pilihan yang dihadapkan.

Yang mana pilihan dengan akan dipilih itu diharapkan merupakan pilihan yang terbaik nantinya.

Sementara itu, meski tidak timbul keraguan dalam hati, secara shalat istikharah ini diharapkan serupa dapat memantapkan pilihan dan semakin mendapat petunjuk dari Allah Yang Maha Tau.

Sebab seorang hamba tidak akan cakap apa yang terjadi di periode yang akan datang, begitu pula dengan pilihan yang akan dipilih.

Seperti diterangkan sebab Allah  SWT dalam qalamnya pada Surah Al-Baqarah ayat 216.

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh siap (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mendapati. ” (Al-Baqarah: 216).

Baca: Referensi Niat Shalat Gerhana dan Metode Cara Shalat Gerhana Dua Bagian

Menangkap: Bacaan Niat dan Doa sesudah Salat Tahajud, Lengkap dengan Dzikir hingga Keutamaannya

Berikut Panduan dan Aturan melaksanakan Shalat Istiqarah seperti diterangkan dalam buku tersebut.

Penulis: Bakir Tio Buqi Abdulah

Editor: Garudea Prabawati

Ikuti ana di