Pemerintah Kembangkan 71 Kawasan Industri di Utara Jawa

Pemerintah Kembangkan 71 Kawasan Industri di Utara Jawa

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan pengembangan Kawasan Industri di  sepanjang koridor Utara Jawa. Mulai  lantaran Wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Menteri Koordinator bidang perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Banten menjadi kawasan Industri Pusat yang berisi dari Cilegon, Tangerang, dan Terjang.

“Kemudian di Jawa Barat bagian Barat yakni  Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Subang, ” kata Airlangga usai Ratas Proyek Strategis Nasional, secara maya, Selasa, (22/9/2020).

Selain Jabar bagian Barat, juga ada kawasan industri Jabar bagian Timur yang merupakan kawasan baru yaitu Cirebon, Patimban, Indramayu, dan Majalengka.  

Selain itu yang sedang dikembangkan saat tersebut yakni di Wilayah Jawa Sedang yaitu Batang, Kendal, Semarang, dan Demak. Sedangkan wilayah Jawa Timur yaitu di wilayah Tuban, Lamongan, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto dan Bangkalan.

” ini terdiri dari 71 kawasan pabrik, ” pungkasnya.

Baca: Jokowi Ingin Buat Segitiga Kawasan Pertumbuhan Ekonomi di Memajukan Jabar

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Pantai Utara Jawa dengan sudah tersambung dengan jalan tol harus menjadi superkoridor ekonomi.  

Hal itu disampaikan Presiden dalam rapat terbatas Percepatan Proyek  Strategis Nasional Pelabuhan Patimban, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, (22/9/2020).

“Karena fasilitas-fasilitas infrastruktur sudah relatif lebih siap, sehingga setiap kawasan industri, daerah pariwisata, sentra-sentra pertanian harus tersambungkan dengan jalan tol ini, ” kata Presiden.