Penjaga Amankan 15 Mobil Travel serta 113 Pemudik di Cikarang Barat

Penjaga Amankan 15 Mobil Travel serta 113 Pemudik di Cikarang Barat

Laporan Wartawan Tribunnews. com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Sebanyak 15 unit mobil travel yang mengangkut 113 penumpang diamankan di pangkalan check point Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/5/2020).

Direktur Lalu Lin (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo mengatakan 15 mobil travel ini diamankan dalam waktu tiga jam, pukul 21. 00-23. 00 WIB.

“Tadi malam Ditlantas Polda Metro mengamankan 15 pengemudi yang mobilnya digunakan untuk travel mengantarkan 113 pemudik. Tujuannya ke Sumenep, DIY, Purwodadi, Brebes dan daerah Jawa Pusat lainnya, ” ungkap Sambodo di dalam keterangannya, Sabtu (2/5/2020).

Baca: Wawancara dengan Media Malaysia, Bojan Hodak Sebut Sumber Besar Pendapatan Klub Indonesia

Baca: Eks Kompolnas Komentari Penunjukan Irjen Boy Rafli Sebagai Kepala BNPT

Sambodo mengungkap modus para pengemudi ini ialah mengusulkan jasa mereka via media sosial Facebook. Lalu para penumpang dengan tertarik dengan jasa mereka, di jemput di titik-titik yang telah ditentukan.

“Titik penjemputannya banyak, ada di Pondok Labu, Palmerah, bahkan Tanjung Priok. Setelah itu mereka diantar mengarah ke luar Jakarta, ” tutur Sambodo.

Kini ratusan pengikut tersebut diamankan di Gedung Ditlantas Polda Metro Jaya. Mereka dikenakan Pasal 308 UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lin dan Angkutan Jalan dengan intimidasi kurungan paling lama dua kamar atau denda maksimal Rp 500 ribu.