Perppu Corona Disahkan Jadi Undang-Undang, Tes Materi Amien Rais cs Mati

Laporan Wartawan Tribunnews. com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Upaya aplikasi uji materi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2020 tentang kebijakan keuangan negara menghantam pandemi Covid-19 ke Mahkamah Konstitusi (MK) gugur.

Situasi ini setelah DPR RI mengesahkan Perppu Corona itu menjadi Undang-Undang melalui rapat paripurna DPR dengan digelar Selasa (12/5/2020).

Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Luar Negeri Mahkamah Konstitusi, Fajar Laksono, mengatakan Mahkamah Konstitusi akan memutus perkara amar putusan permohonan uji materi Perppu Corona tidak dapat diterima.

Menurut dia, permohonan uji materi Perppu Corona tidak dapat diterima karena perkara telah kehilangan obyek.

Baca: Lima Tersangka Korupsi Jiwasraya Dilimpahkan ke Penuntutan, Ada yang via Virtual

Menyuarakan: 14 Momen Jin BTS Salah Kostum ketika Bersama Para Member

Menangkap: Tak Terapkan PSBB, Gubernur Bali Beberkan Strategi yang Bisa Menekan Laju Penyebaran Covid-19

Baca: Dikenal Kaya, Sandra Dewi Sempat Khawatir Tabungan Habis ketika Suami Beri Sedekah Besar saat Pandemi

“Kalau Presiden sudah suka tanda tangan undang-undang itu besok ataupun lusa, berarti saat itu serupa UU sudah berlaku, ” logat Fajar Laksono, Rabu (13/5/2020).

Dia menjelaskan masyarakat menetapkan mengajukan permohonan uji materi segar terharap Undang-Undang penetapan Perppu Cetakan 1 Tahun 2020.

Meskipun substansi atau materi peraturan itu sama, namun kata tempat, obyek perkara berbeda.

“Terhadap UU tentang penetapan Perppu itu terbuka untuk diuji pelajaran dengan permohonan baru, ” kata pendahuluan Fajar.

Untuk mengajukan permohonan, kata dia, harus menduduki Undang-Undang itu diundangkan dan diberi nomor oleh Kementerian Sekretariat Negara.