Perusahaan Jerman BioNTech: Vaksin Corona Ana Efektif 90 Persen

Perusahaan Jerman BioNTech & mitranya di Amerika Serikat, Pfizer, mengumumkan pada hari Senin (09/11) bahwa hasil awal dari tes coba fase 3 yang padahal berlangsung menunjukkan, vaksin 90% efektif dalam mencegah infeksi COVID-19.

Maklumat dari kedua perusahaan tersebut merupakan rilis data sukses pertama sejak uji coba skala besar vaksin virus corona.

Menurut laporan ke-2 perusahaan, tidak ditemukan masalah keamanan yang serius terkait dengan vaksin tersebut. Para peneliti meyakini pengaruh imunisasi tidak akan berumur rendah.

Jika terbukti keampuhannya, vaksin Pfizer dan BioNTech akan menjadi terobosan dalam memerangi pandemi virus corona.

Efek bisa bertahan ‘setidaknya kepala tahun’

CEO BioNTech Ugur Sahin mengatakan kepada Reuters: “Kita harus lebih optimis bahwa efek imunisasi dapat bertahan setidaknya selama mulia tahun. ”

“Hasil pertama dari fase 3 uji coba vaksin COVID-19 memberikan bukti awal kemahiran vaksin untuk mencegah COVID-19, ” kata ketua dan CEO Pfizer Albert Bourla dalam sebuah maklumat.

Analisis uji coba vaksin eksperimental tampaknya secara efektif mencegah infeksi pada peserta ujicoba “tanpa data infeksi SARS-CoV-2 sebelumnya, ” begitu pernyataan bersama BioNTech dan Pfizer.

Pfizer memperingatkan bahwa tingkat pelestarian awal mungkin masih berubah seiring berjalannya waktu. Perusahaan farmasi ini juga menjelaskan, vaksin itu tidak jadi tersedia sebelum akhir tahun. Meskipun demikian, wakil presiden senior perluasan klinis Pfizer, Dr. Bill Gruber, mengatakan kepada Associated Press, “Kami penuh harapan. ”

Biden serta Trump menyambut baik berita vaksin

Presiden terpilih AS Joe Biden menyambut baik hasil yang menjanjikan dari uji coba vaksin, namun memperingatkan bahwa vaksinasi luas masih butuh waktu. Ia juga mengimbau masyarakat AS untuk terus mengindahkan masker dan mematuhi pembatasan sosial.

“Berita hari ini adalah berita bagus, tapi itu tidak mengganti fakta yang ada (sekarang), ” kata Biden dalam sebuah pernyataan. “Pengumuman hari ini menjanjikan jalan untuk mengubah situasinya tahun ajaran, tetapi tugas yang kita hadapi tetap sama. ”