Siapa Pengganti Azis Syamsuddin? Penyelidik: Ada 6 Sampai 7 Nama Kandidat

wakil-ketua-dpr-ri-azis-syamsuddin-resmi-ditahan-kpk_20210925_023102

Laporan Reporter Tribunnews. com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Turunan Barometer M Qodari mengucapkan ada sekitar 7 kandidat atau calon yang berpotensi menjadi pengganti Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR RI.

Meskipun demikian Qodari tidak menyebutkan dengan rinci terkait nama anggota fraksi yang dinilainya mempunyai potensi menduduki jabatan Wakil Ketua DPR RI.

“Ini saya taksir 3 kriteria yang terutama begitu. Nah siapa sekadar nama-nama yang beredar, kalau saya melihat dan mendengar ya ada sekitar 6 sampai 7 nama lah, ” kata Qodari kepada Tribunnews. com, via pesan singkat, Minggu (26/9/2021).

Diketahui, Politikus Partai Golkar Azis Syamsuddin dengan menduduki jabatan Wakil Kepala DPR RI telah ditahan dan ditetapkan KPK jadi tersangka suap pengurusan KEINGINAN Lampung Tengah tahun 2017.

Dengan begitu jabatan Wakil Ketua DPR RI itu akan digantikan oleh politisi lainnya.

Menyikapi hal tersebut Qodari menyatakan, setidaknya tersedia tiga kriteria yang kudu dimiliki oleh Politisi Golongan Golkar untuk menggantikan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Pemimpin DPR RI.

[embedded content]

“Jadi kalau pertanyaannya siapa pengganti Azis Syamsudin, pertama-tama taat saya harus memenuhi 3 kriteria, ” kata Qodari.

Adapun patokan yang pertama kata Qodari yakni mengenai kedekatan & kepercayaan dari Ketua Umum Partai Golkar itu sendiri.

Sebab prawacana dia, yang mempunyai benar untuk menentukan siapa dengan akan menempati kursi Pengantara Ketua DPR RI tersebut adalah Ketua Umum Partai dalam hal ini Airlangga Hartarto.