Telah 8 Bulan Ini Wantimpres Tak Rapat Offline dengan Presiden

Laporan wartawan  tribunnews. com, Lusius Genik

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Anggota Dewan Masukan Presiden (Wantimpres) Sidarto Danusubroto melahirkan, sudah 8 bulan lamanya para-para Wantimpres tidak rapat  offline  ataupun tatap muka dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).  

Alasannya karena situasi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini sedang mewabah.  

Peristiwa ini diungkapkan Sidarto dalam sesi wawancara eksklusif bersama Tribun Network di kediamannya, kawasan Mampang, Jakarta, Jumat (22/1/2021).

“Dulu memang di periode pertama kami rapat offline dengan presiden tertib ya. Baik pribadi maupun di dalam kelompok. Kita terakhir rapat offline dengan presiden itu delapan kamar yang lalu, ” ucap Sidarto.

Sidarto mengatakan, final kali rapat offline dengan pemimpin para Wantimpres sudah diwajibkan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara cermat, seperti swab test, disemprot disinfektan, hingga saling menjaga jarak.

“Waktu itu (terakhir kerap offline) sudah dengan swab test, lalu disemprot dengan disinfektan, serta jaga jarak, ” kata Sidarto.

Membaca juga: Suruhan Wantimpres Sidarto Danusubroto Kepada Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran

Sidarto membaca, aktivitas para Wantimpres saat tersebut dilakukan secara online atau daring.  

Dalam rapat-rapat online itu, para Wantimpres menunaikan rapat pleno untuk membuat suatu naskah pertimbangan yang secara berkala diserahkan kepada Presiden Jokowi.

Baca juga: UU Cipta Kerja Ditandatangani Presiden Jokowi, Sejenis ini Respon Wantimpres Mardiono

“Kita selalu ada rapat pleno itu menghasilkan naskah masukan, ” kata Sidarto.  

Naskah pertimbangan dari Wantimpres itu berisikan tentang pendapat mereka terhadap suatu isu yang padahal berkembang di Tanah Air.

[embedded content]

“Suka ataupun tidak suka secara periodik kita sampaikan naskah pertimbangan kepada pemimpin, tapi isinya rahasia negara. Tapi kita selalu memberikan suatu teori tentang perkembangan tanah air, ” ucap Sidarto.