Tunaiku Telah Salurkan Pembiayaan Rp 4, 7 Triliun, Mayoritas untuk Peremajaan Rumah

Tunaiku Telah Salurkan Pembiayaan Rp 4, 7 Triliun, Mayoritas untuk Peremajaan Rumah

Laporan Wartawan Tribunnews. com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Hingga penghujung tahun 2020 ini, praktik fintech Tunaiku yang dimiliki Amar Bank telah diunduh oleh sekitar 4, 9 juta pengguna semenjak pertama kali diluncurkan 2014.

Aplikasi ini telah menyampaikan manfaat kepada hampir 400 ribu masyarakat di Indonesia, dengan total pembiayaan yang telah tersalurkan mencapai Rp 4, 7 triliun.

Baca pula: Rekomendasi PPI Jepang: Pemerintah Perkuat Fintech Pendanaan UMKM

Tunaiku embantu ragam kebutuhan masyarakat di luar Pulau Jawa, antara asing untuk modal usaha sebesar 22, 49 persen, renovasi rumah sebesar 31, 39 persen, dan bea pendidikan sebesar 11, 59 upah.

Persentase profil konsumen perempuan mencapai hingga 54, 71 persen dan laki-laki hingga 45, 39 persen, Sementara itu, Palembang menjadi kota diluar Jawa secara profil wirausahawan terbanyak.

Baca juga: Asosiasi Fintech Pendanaan Fokus ke Penguatan Ekosistem Keuangan Digital

Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian mengatakan, Tunaiku dirancang untuk melayani dan menjangkau masyarakat yang belum atau kurang terlayani layanan perbankan terutama di daerah-daerah yang suram mendapatkan layanan keuangan formal & konvensional, asalkan memiliki jaringan internet yang memadai.

Secara keistimewaan tersebut, layanan keuangan digital Tunaiku telah menerobos hingga ke seluruh Tanah Air, terutama dalam daerah-daerah di luar Pulau Jawa, antara lain Medan, Pekanbaru, Palembang, Denpasar, dan Makassar.

“Kami memahami bahwa masih ada gap antara masyarakat yang telah mendapat layanan keuangan formal & yang belum menikmati layanan itu, terutama daerah- daerah di luar pulau Jawa.

Amar Bank juga konsisten menjalankan bervariasi kegiatan literasi keuangan bagi bangsa. Inisiatif edukasi itu di antaranya melalui swara. tunaiku. com, portal edukasi, inspirasi, dan kreasi finansial yang dapat diakses dengan semoga kapan saja dan dimana sekadar melalui smartphone.

Total pengunjung Swara sudah mencapai 8, 6 juta dengan jumlah tulisan yang memberikan konten edukasi keuangan lebih dari 6, 000 karya.